UU ITE Baru Resmi Disahkan Implikasi Perubahan Terhadap Penyelenggara Sistem Elektronik

BREAKINGON.COM – Pada tanggal 5 , Indonesia menyaksikan momen bersejarah dengan resmi disahkannya revisi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik () yang membawa perubahan signifikan dalam regulasi terkait dan transaksi elektronik.

Fokus utama revisi ini adalah pada peran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), termasuk raksasa media seperti Google, Meta, dan X.

Perubahan dalam

Dalam revisi terbaru, terdapat penambahan ketentuan yang mengatur kewajiban PSE untuk mematuhi regulasi yang diterapkan oleh .

Pasal 40 ayat (3) mengamanatkan bahwa PSE, termasuk perusahaan media besar, wajib melaksanakan perintah yang diberikan oleh penyidik, dengan sanksi yang tegas jika tidak patuh.

Baca juga :   Apa Itu Body Checking? Memahami Langkah Keamanan Sebelum Ujian CPNS

Fokus pada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE)

Salah satu poin kunci dari revisi ini adalah pemberian kewenangan kepada penyidik, dalam hal ini Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), untuk memberikan perintah kepada PSE seperti Google dan Meta.

Hal ini terkait dengan Pasal 43 huruf (i), yang memberikan wewenang kepada PPNS untuk memerintahkan pemutusan akses sementara terhadap akun media , rekening bank, uang elektronik, dan/atau aset digital.

Implikasi Perubahan

  1. Kewajiban Patuh PSE: Perusahaan media sosial besar seperti Google dan Meta sekarang memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam mematuhi regulasi yang berlaku. Pelanggaran dapat berujung pada sanksi serius, termasuk penutupan layanan.
  2. Tahapan Sanksi: Revisi ini menyebutkan beberapa tahapan sanksi yang dapat diterapkan terhadap PSE yang melanggar aturan, mulai dari tindakan administratif, teguran tertulis, hingga penutupan akun dan pemutusan akses.
  3. Kewenangan Penyidik: Penyidik, yang merupakan PPNS, kini memiliki kewenangan untuk memberikan perintah langsung kepada PSE. Pemberian wewenang ini bertujuan untuk memberikan penanganan yang lebih efektif terhadap pelanggaran di dunia maya.
Baca juga :   Hasil Liga 1: Persib Curi 3 Poin dari Dewa United FC dengan Kemenangan 5-1 dan Hattrick Ciro Alves

Konsekuensi Bagi Google, Meta, dan Perusahaan Sejenisnya

Ketegasan yang baru memberikan konsekuensi serius bagi PSE seperti Google dan Meta.