Tips Ampuh Hilangkan Kerak Hitam, Tanpa Merusak Permukaan Wajan

BREAKINGON.COM – Dalam kegiatan memasak, seringkali wajan atau panci kita menjadi berminyak dan berkerak karena gosong. Kerak hitam yang terbentuk dapat menjadi masalah yang sulit diatasi dan dapat merusak permukaan peralatan masak.

Artikel ini akan memberikan solusi praktis untuk membersihkan kerak hitam pada wajan tanpa merusaknya.

1. Rendam dengan Air Panas dan Cuci Piring

Cara paling sederhana dan efektif adalah dengan merendam wajan dalam campuran air panas dan sabun cuci piring. Langkah ini membantu melunakkan kerak hitam, memudahkan proses pembersihan. Setelah merendam selama 15-20 menit, gunakan spons cuci piring lembut untuk menggosok dan membersihkan wajan.

2. Gunakan Campuran Air dan

, bahan umum yang ada di dapur, dapat menjadi alat pembersih yang ampuh.

Baca juga :   Manfaat Kentang Rebus Sumber Nutrisi yang Menyehatkan Untuk Tubuh Manusia

Caranya, campurkan dengan air hingga membentuk pasta kental. Oleskan campuran ini ke area yang berkerak dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membersihkannya dengan sikat baja. Pastikan tidak menyikat terlalu keras agar permukaan wajan tetap terlindungi.

3. Siram dengan Cuka

Cuka mengandung asam asetat yang efektif menghilangkan kerak hitam pada wajan. Siram atau semprotkan cuka langsung pada area berkerak, biarkan selama satu jam, dan gosok dengan sikat cuci piring. Bilas wajan hingga bersih menggunakan air mengalir.

4. Gunakan Saus

Saus yang umumnya ada di dapur juga dapat membersihkan kerak pada wajan. Oleskan saus pada area yang berkerak dan biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan sabun cuci piring, dan keringkan. Kerak hitam akan hilang dengan mudah.

Baca juga :   6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Rambut Bayi

5. Rendam dengan Campuran Air Panas, Sabun Cuci Piring, dan

mengandung asam tinggi yang efektif membersihkan kerak hitam. Campurkan air panas, sabun cuci piring, dan air perasan , lalu rendam wajan semalam. Esok harinya, bersihkan dengan sikat baja dan bilas dengan air hangat. Wajan akan kembali berkilau seperti baru.