Solusi Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Harus Ke Tukang Servis

BREAKINGON.COM adalah teman setia dalam menjalankan banyak aktivitas harian, mulai dari pekerjaan hingga hiburan.

Namun, seiring berjalannya , bisa mengalami penurunan performa yang membuat penggunanya merasa frustrasi.

Tidak perlu khawatir, berikut adalah sepuluh solusi praktis untuk mengatasi lemot dan mengembalikan performanya seperti baru.

Bersihkan dari Debu dan Kotoran

yang kotor dan berdebu dapat menyebabkan overheat dan menghambat kinerja kipas pendingin. Secara berkala, bersihkan laptop dari debu dan pastikan ventilasi udara berfungsi dengan baik.

Hapus Cache dan File Sementara

Membersihkan cache dan file sementara dapat memberikan ruang ekstra pada penyimpanan laptop dan meningkatkan kecepatan akses data.

Baca juga :   Samsung Kembali Bersaing dengan Ponsel Barunya, Galaxy S24

Nonaktifkan Program yang Otomatis saat Startup

Program-program yang berjalan otomatis saat startup dapat memperlambat proses booting. Nonaktifkan program yang tidak penting melalui pengaturan sistem untuk mempercepat startup.

Hapus Program yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan hanya membebani penyimpanan dan memperlambat laptop. Hapus program dan aplikasi yang tidak relevan serta pastikan untuk menghapus file-file yang terkait.

Gunakan Aplikasi Alternatif yang Lebih Ringan

Pertimbangkan untuk menggunakan versi aplikasi yang lebih ringan atau alternatif yang membutuhkan sumber daya yang lebih sedikit. Misalnya, gunakan antivirus yang ringan dan tidak memberatkan sistem.

Perbarui Driver dan Sistem Operasi

Pastikan driver perangkat keras dan sistem operasi laptop kamu selalu terbaru. Pembaruan ini tidak hanya membawa fitur baru tetapi juga memperbaiki sebelumnya.

Baca juga :   Bikin Cepat Rusak Main Laptop Sambil Dicas, Mitos atau Fakta?

Gunakan dan Lakukan Pemindaian Rutin

Instal antivirus yang handal dan lakukan pemindaian rutin untuk melindungi laptop dari malware dan virus yang dapat memperlambat kinerja sistem.