Presiden Jokowi Resmikan PLTS Terbesar di ASEAN

BREAKINGON.COM-Pada hari Kamis, 9 November 2023, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (), dengan bangga meresmikan Pembangkit Tenaga Surya (PLTS) Terapung di Waduk Cirata, Barat.

Proyek megah ini memiliki kapasitas sebesar 192 Mega Watt peak (MWp), menjadikannya PLTS Terapung terbesar di kawasan dan meraih peringkat ketiga terbesar di dunia.

PLTS Terapung Cirata ini meliputi luas area mencapai 200 hektar dan tersebar di tiga kabupaten, yakni , Cianjur, dan Bandung Barat.

Keberhasilan peresmiannya menciptakan baru, membuktikan bahwa mimpi besar Indonesia untuk memiliki pembangkit berbasis energi baru terbarukan (EBT) terbesar dapat terwujud.

, dalam sambutannya, menyatakan kebanggaannya terhadap pencapaian ini.

Baca juga :   Fakta Menarik Marmot Keajaiban Makhluk Berkaki Empat

“Hari ini merupakan hari yang bersejarah karena mimpi besar kita membangun pembangkit EBT dalam skala besar akhirnya bisa terlaksana,” ucapnya.

Dengan bangga, beliau menambahkan bahwa PLTS Terapung Cirata adalah yang terbesar di dan menduduki peringkat ketiga di dunia.

Penting untuk dicatat bahwa PLTS Terapung Cirata bukan hanya sekadar proyek besar, tetapi juga membawa besar bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.