Pohon Tua yang Menyelamatkan 8 Nyawa dari Tsunami Tahun 2011 Tetap Hidup Melalui Cerita

Kisah Pahlawan Penyelamat 8 nyawa pada peristiwa Gempa Tohoku, diabadikan dalam sebuah karya sastra.

, RADARTASIK.COM – Tak jauh dari perhatian banyak orang, terdapat sebuah tua yang layu di kota Kesennuma, , yang telah bertahan selama hampir 13 tahun.

tersebut, sebuah zelkova, secara ajaib menjadi penyelamat bagi delapan nyawa penduduk setempat saat mereka berlindung di cabang-cabangnya dari tsunami yang datang menyusul gempa Tohoku pada Maret 2011.

Keiko Onodera, Sosok yang mengabadikan Kisah Zelkova

Salah satu tokoh yang terlibat dalam mengabadikan kisah heroik ini adalah Keiko Onodera, seorang warga setempat yang kehilangan ayahnya dalam bencana tersebut.

Merasa tergerak oleh kejadian tersebut, Onodera memutuskan untuk merangkai cerita pohon zelkova sebagai pahlawan penyelamat nyawa .

Baca juga :   7 Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Dalam cerita yang diberi judul “Keyaki no Omoi” (Pikiran Pohon Zelkova), pohon tersebut dipersonifikasikan, menceritakan peran heroiknya sebagai penyelamat masyarakat.

Pada 11 Maret 2011, gempa bumi dahsyat dengan kekuatan 9,0 skala Richter mengguncang wilayah Tohoku, diikuti oleh gelombang tsunami setinggi lebih dari 10 meter.

Tragedi ini menelan korban jiwa yang sangat besar, dengan lebih dari 15.900 orang tewas dan ribuan lainnya masih belum ditemukan.

Namun, di tengah kehancuran tersebut, delapan orang berhasil bertahan hidup dengan memanjat pohon zelkova.

Beberapa tahun setelah peristiwa tragis itu, Onodera menyadari bahwa pohon penyelamat tersebut telah mati.

Namun, dengan tekad untuk menjaga kenangan akan keajaiban yang terjadi, ia mulai menulis ceritanya pada musim dingin tahun 2020.

Baca juga :   5 Kesalahan Saat Mencuci Wajah yang Sering Dianggap Remeh Namun Ternyata Fatal

Dalam kisahnya, pohon zelkova mengungkapkan harapannya agar tidak ada lagi orang yang harus menanggung beban hidup yang berat seperti yang dialami para korban tsunami.

Pada Mei 2023, Onodera berusaha mewariskan kisah ini kepada generasi mendatang.

Dia bertemu dengan Misato Kikuta, seorang seni lokal yang tumbuh di dekat pohon tersebut.

Bersama-sama, mereka menghasilkan serangkaian ilustrasi demi menghidupkan kembali cerita pohon zelkova, dengan harapan dapat menginspirasi anak-anak yang lahir setelah bencana tersebut.

Melalui ilustrasi berwarna-warni yang dibuat oleh Kikuta, menampilkan delapan orang yang selamat berkumpul di bawah bayang-bayang pohon tersebut.

Pertunjukan di akhir Oktober silam membuktikan bahwa cerita ini sukses memikat perhatian anak-anak di Kesennuma dengan menghidupkan kembali kenangan pahit sambil menanamkan semangat keberanian.

Baca juga :   Tampil Cantik dan Sehat dengan Treatment Paris Booster di Superskin Pekalongan Harga, Manfaat, dan Promo Spesial Bulan Ini

Onodera dan Kikuta memiliki rencana ambisius untuk membawa cerita dan ilustrasi ini ke platform YouTube.

Mereka berharap pesan tentang kehilangan dan kelangsungan hidup akan terus disampaikan, sebagai bentuk penghormatan tidak hanya untul mereka yang telah tiada tetapi juga bagi mereka yang selamat dari bencana tersebut.

Dari kisah pohon zelkova ini, kita belajar bahwa bahkan dalam bayang-bayang penderitaan berat, ada keajaiban dan keberanian yang tumbuh. Semoga cerita ini terus menginspirasi banyak orang di masa mendatang. Perilisan cerita ini pada digital patut untuk dinantikan. (Dela Fitriani/Radartasik.com)