Pentingnya Kepatuhan Uji Emisi Kendaraan, Akan Ada Sanksi Jika Melanggar

BREAKINGON.COM – Pemerintah Provinsi telah memutuskan untuk terus melanjutkan razia kendaraan yang berlaku hingga akhir tahun 2023, meskipun tanpa menerapkan sanksi tilang.

Meskipun tidak ada denda langsung, namun kendaraan yang tidak lulus kendaraan akan mendapatkan surat peringatan dan status “Tidak Lulus dan Wajib Service”.

Pemberian Sanksi

Keputusan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga emisi kendaraan demi kesehatan .

Menurut Kepala Dinas Hidup (DLH) , Asep Kuswanto, razia uji emisi kendaraan tidak akan langsung dikenakan tilang di tempat.

Sebagai gantinya, kendaraan yang tidak lulus uji emisi kendaraan akan diberikan surat wajib servis sebagai peringatan kepada pengendara.

Baca juga :   Cuaca Semakin Panas, Harga Cabai Ikut Pedas

Surat ini akan dapat dipantau melalui Sistem Uji Emisi Langit Biru Raya yang dikelola oleh DLH .

Ani Ruspitawati, Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara , mengatakan bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk menentukan bentuk sanksi lain yang akan diterapkan selain tilang bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi.

Pentingnya Razia Uji Emisi Kendaraan

Meskipun sanksi yang konkret belum diumumkan, koordinasi ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menegakkan standar emisi yang berlaku.