Mitos Dahyang Sidhimantra Salah Satu Alasan Jembatan Jawa-Bali Mustahil Dibangun

BREAKINGON.COM -Bali Mustahil Dibangun, Pulau dan Pulau Bali, dua destinasi pariwisata utama di Indonesia, dipisahkan oleh jarak relatif pendek sekitar 5 kilometer.

Namun, kenapa tidak ada penghubung antara keduanya? Banyak orang bertanya-tanya tentang hal ini dan membandingkannya dengan pembangunan Suramadu, yang menghubungkan Surabaya dengan Madura.

Gagasan membangun antara dan Bali sebenarnya sudah muncul sejak 1960-an oleh Prof. Sedyatmo dari Institut Teknologi (ITB), namun ide ini ditolak.

Salah satu alasan utama penolakan ini terkait dengan mitos Dahyang Sidhimantra.

Mitos ini menyebutkan bahwa Pulau Bali sengaja dipisahkan dari Pulau oleh entitas gaib, dan pembangunan dapat mengganggu keharmonisan dan keindahan alam Pulau Bali.

Baca juga :   UU ITE Baru Resmi Disahkan Implikasi Perubahan Terhadap Penyelenggara Sistem Elektronik

Masyarakat Bali mempercayai bahwa Pulau Jawa dan Bali sejatinya ditakdirkan untuk terpisah, dan menyatuinya keduanya dapat merusak budaya dan keindahan alam yang mereka jaga begitu teguh.

Alasan-alasan Penolakan dan Kekhawatiran Masyarakat Bali

Faktor Agama dan Budaya

Masyarakat Bali sangat memegang erat keyakinan dari leluhur mereka. Mereka meyakini bahwa penyatuan Pulau Jawa dan Bali akan merusak budaya Bali yang unik.
Mitos ini adalah bagian penting dari identitas budaya mereka, yang mereka jaga dengan sungguh-sungguh.

Ketentuan Geografis

Geografi Pulau Bali dan kondisi alamnya dianggap harus tetap terjaga. Ketika Pulau Jawa dan Bali terhubung, masyarakat Bali khawatir akan terjadi peningkatan kepadatan penduduk yang dapat merusak ekosistem alam Pulau Dewata.

Baca juga :   Destinasi Wisata Kopi, Surga Bagi Kamu Pecinta Kopi Wajib Berkunjung

Ketentuan Pemerintah Bali

Pemerintah Bali juga memainkan peran penting dalam penolakan ini. Mereka melihat bahwa menjaga keunikan Pulau Bali dan mendukung pariwisata yang berkelanjutan lebih penting daripada menyatukan pulau tersebut.

Dampak Pembangunan Jembatan Jawa-Bali

Jika pembangunan jembatan antara Jawa dan Bali terwujud, konsekuensinya bisa besar.