Lereng Gunung Kawi Kebakaran, Hanguskan 46 Hektare

BREAKINGON.COM- melanda Kawi, tepatnya di lereng sebelah timur, terutama di sekitaran batu tulis Kawi Petak 193 pada pukul 20:35 WIB Selasa (07/11/23).

Sebanyak 46 hektar lahan terpapar api, mengakibatkan kerusakan pada sejumlah vegetasi, termasuk cemara dan semak belukar. Kejadian kebakaran ini belum diketahui secara pasti penyebabnya.

Sadono Irawan Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah () Kabupaten menyampaikan bahwa tim gabungan telah dikerahkan untuk menangani kebakaran ini sejak Rabu, 8 November 2023.

Tim ini terdiri atas personel dari Kabupaten , Polsek Wagir, Polsek Ngajum, Koramil Wagir, RPH Wagir, Gendogo, dan Selorejo, SAR Awangga, Personel Lembah Perkusi, serta melibatkan partisipasi masyarakat setempat. Meskipun respon cepat diberikan, kondisi di lapangan cukup ekstrem.

Baca juga :   Viral, Pendaratan Helikopter di Pangandaran Porak Porandakan Warung Warga

Kondisi topografi Kawi yang berbukit dan berjurang serta cuaca berkabut tebal menjadi tantangan besar bagi tim pemadam. Kesulitan akses dan visibilitas yang terbatas menyulitkan upaya pemadaman.

Terkait kebakaran, Sadono Irawan menjelaskan bahwa penyelidikan lebih lanjut masih dilakukan oleh petugas yang berwenang.