Kehilangan Hak Cipta Mickey Mouse: Apa Artinya Bagi Publik dan Disney?

BREAKINGON.COM – Pada tanggal 1 Januari 2024, dunia hiburan mengalami perubahan signifikan.

Salah satu ikon terkenal, Mickey Mouse, kini berada dalam domain publik.

karakter yang pertama kali muncul dalam animasi pendek “Steamboat Willie” pada 18 November 1928 kini bisa digunakan oleh masyarakat umum tanpa batasan .

Latar Belakang Steamboat Willie

Steamboat Willie bukan sekadar animasi biasa.

Dibuat oleh Ub Iwerks dan Walt Disney, film ini menjadi terobosan dalam sejarah animasi dengan menjadi film pertama Disney yang memiliki suara yang disinkronkan dengan gerakan karakternya.

Karakter Mickey Mouse berhasil mencuri hati penonton dengan ceritanya yang menghibur, mengenalkan dunia pada seekor tikus pemberani yang berlayar dengan kapal uap dan berinteraksi dengan berbagai karakter.

Baca juga :   Tempat Wisata Menarik di Purwakarta Jelajahi Keindahan Alam dan Wahana Seru

Undang-Undang Amerika Serikat

Menurut hukum Amerika Serikat, karya yang dibuat sebelum 1 Januari 1978 diberikan selama 95 tahun sejak pertama kali diterbitkan.

Namun, Disney tidak berhasil memperpanjang atas Mickey Mouse ini, meskipun telah berupaya melobi perpanjangan melalui Undang-undang Perpanjangan Hak Cipta 1998, yang dikenal sebagai “Undang-Undang Perlindungan Mickey Mouse.”

Dampak Terhadap Disney dan Publik

Meskipun Disney kehilangan hak cipta atas klasik Mickey Mouse, perusahaan masih memiliki hak atas desain lebih modern karakter ini, termasuk ciri khas sarung tangan putihnya.