Hati – Hati! Bakteri Salmonella di Dalam Telur Mengancam Kesehatan

BREAKINGON.COM – Indonesia, 3 November 2023 – Menurut penelitian terbaru dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FK-UGM).

yang dijual di supermarket Indonesia mengandung Salmonella, suatu ancaman serius bagi kesehatan masyarakat.

Penelitian ini, yang menguji 160 dari gerai ritel dan peternakan di Yogyakarta, menemukan bahwa sebanyak 87,5 persen dari tersebut positif terkontaminasi Salmonella yang resisten terhadap antibiotik oksitetrasiklin.

Salmonella, sebuah patogen yang dapat menyebabkan penyakit serius termasuk gastroenteritis, ditemukan pada bagian dalam .

Kondisi ini menimbulkan risiko tinggi bagi konsumen jika tidak dimasak dengan baik atau jika kontaminasi Salmonella menyebar ke bahan makanan lain.

Baca juga :   Rekomendasi 5 Pakan Kucing untuk Bulu Bagus Agar Kucingmu Makin Lucu

Menyusul temuan ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan pernyataan kekhawatiran serius.

Penyalahgunaan antibiotik dalam peternakan adalah penyebab utama meningkatnya resistensi antibiotik di kalangan bakteri, menciptakan apa yang disebut sebagai ‘superbug'.

Bakteri Salmonella ini resisten terhadap sejumlah antibiotik, mengurangi opsi pengobatan dan meningkatkan risiko kematian.

Resistensi Antibiotik: Ancaman Tersembunyi di dalam Telur

Menurut laporan WHO, penyalahgunaan antibiotik di industri peternakan dapat menyebabkan lebih banyak kematian dibandingkan kanker dalam waktu dekat.