Hakim Suhartoyo Terpilih Sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Menggantikan Anwar Usman

Perubahan Kepemimpinan dan Kontroversi di Mahkamah Konstitusi

BREAKINGON.COM-Mahkamah Konstitusi (MK) melakukan rapat pemilihan Ketua MK yang berakhir dengan terpilihnya Hakim sebagai pengganti .

Keputusan tersebut diambil secara musyawarah mufakat oleh hakim konstitusi, seperti yang diungkapkan oleh Hakim Konstitusi Saldi Isra dalam konferensi pers pada Kamis (9/10/2023).

sebelumnya dicopot dari jabatan Ketua MK melalui putusan Majelis Kehormatan MK. Alasannya adalah keterlibatan Anwar dalam benturan kepentingan terkait putusan perkara 90 tentang syarat usia minimal calon dan wakil .

Putusan ini memberikan peluang kepada , keponakan Anwar, untuk ikut serta dalam Pilpres 2024 meskipun belum memenuhi syarat usia minimal 40 tahun yang diatur oleh UU .

Baca juga :   Presiden Jokowi Akan Melakukan Reshuffle Pekan Ini, Demokrak Kemungkinan Masuk Kabinet

Dalam putusan tersebut, MK memutuskan bahwa seseorang di bawah 40 tahun dapat menjadi calon atau wakil asalkan memiliki pengalaman sebagai kepala daerah yang dipilih melalui .

Selain dicopot dari jabatan Ketua MK, Anwar juga dilarang mencalonkan diri atau dicalonkan sebagai pimpinan MK hingga masa jabatannya sebagai hakim konstitusi berakhir.