Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Sebanyak 7 Kali, Sejauh 35 Kilometer

BREAKINGON.COM Merapi, yang berdiri megah di wilayah perbatasan DIY dan Tengah, kembali menunjukkan aktivitas dengan melepaskan awan panas guguran sebanyak tujuh kali pada Jumat (8/12) sore.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kebencanaan Geologi () melaporkan bahwa kejadian tersebut terjadi sepanjang pukul 14.49 WIB hingga 15.48 WIB.

Dalam pemantauan seismograf, tercatat bahwa durasi awan panas guguran terlama mencapai 360 detik, dengan amplitudo maksimal sebesar 73 mm.

Kejadian ini terjadi pada pukul 14.49 WIB, yang merupakan awan panas pertama dari rangkaian pada hari tersebut.

Kepala , Agus Budi Santoso, menjelaskan bahwa awan panas guguran terjauh mencapai 3.500 meter ke arah barat daya atau menuju Kali Krasak.

Baca juga :   Ibu-Ibu Menangis, Harga Beras Naik Bikin Keuangan Sulit Inilah Penyebab Kenaikannya

Meskipun aktivitas terjadi, tetap mempertahankan status siaga atau level III yang telah ditetapkan sejak November 2020.

Potensi bahaya saat ini mencakup guguran lava dan awan panas guguran di beberapa titik, seperti di Kali Woro sejauh 3 km dari puncak dan Kali Gendol sejauh 5 km dari puncak.

Melalui pemodelan kedua kubah lava tersebut, menentukan potensi bahaya berupa guguran lava dan awan panas di sektor selatan-barat daya yang mencakup Sungai Boyong (maksimal 5 km), Sungai Bedog, Bebeng, dan Krasak (maksimal 7 km).