Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Masyarakat Diimbau Jauhi Zona Berbahaya

BREAKINGON.COM Merapi Luncurkan Awan Panas, Sejumlah berapi di belakangan ini menunjukkan aktivitasnya, memicu keprihatinan dan kekhawatiran.

Setelah Marapi di Sumatera Barat dan Krakatau di Selat Sunda, kini giliran Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami fenomena luncuran awan panas. Kejadian terbaru ini terjadi pada Jumat, 8 Desember 2023.

Menurut data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Gunung Merapi melakukan tujuh kali meluncurkan awan panas guguran pada hari tersebut.

Awan panas tersebut memiliki jarak luncur maksimum mencapai 3,5 kilometer ke arah Kali Krasak. Peristiwa ini terjadi pada berbagai , mencakup rentang mulai pukul 14.49 hingga 15.32 WIB.

Baca juga :   Sebelum Debat Cawapres Gibran Rakabuming Ajukan Cuti, Persiapan Duel Ideologi

Data dan Fakta dari BPPTKG

BPPTKG mencatat bahwa Gunung Merapi selama periode pengamatan pada Jumat, antara pukul 12.00 hingga 18.00 WIB, mengalami aktivitas sebanyak delapan kali gempa awan panas guguran, 27 kali gempa guguran, tujuh kali gempa fase banyak, dan empat kali gempa vulkanik dangkal.