ETLE Drone Menjadi Inovasi Baru Bagi Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas

BREKINGON.COM – Pengawasan terhadap semakin canggih dengan kehadiran ETLE Drone atau Electronic Traffic Law Enforcement Drone.

ini membuktikan keefektifannya dalam mendeteksi dan menindak pelanggaran dengan cepat dan efisien.

Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang bagaimana ETLE Drone memperkuat penindakan di Indonesia.

ETLE Drone, Inovasi Terbaru di Dunia Penindakan Lalu Lintas

Dalam era saat ini, Satlantas Polres Jepara dan Ditlantas Polda Jateng memperkenalkan ETLE Drone sebagai alat penindakan yang lebih canggih. Pengujian ETLE Drone dilakukan di jalan Kolonel Sunandar, Pati, Tengah.

Dalam waktu singkat, yakni 15 menit, drone berhasil mendeteksi 12 pelanggaran, menunjukkan tingkat efisiensi yang tinggi.

Baca juga :   Ponpes Husnul Khotimah Dari Prank Kunjungan Jokowi Hingga Tragedi Penganiayaan Santri

Keunggulan Penggunaan ETLE Drone

Kompol Indra Hartono dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah menjelaskan bahwa keunggulan utama penggunaan ETLE Drone adalah kemampuannya terbang hingga ketinggian 20 meter dan mencakup area sejauh satu hingga tiga kilometer.

Drone ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi yang bersifat kasat mata, seperti pengendara sepeda tanpa helm, pengemudi roda empat tanpa sabuk pengaman, muatan berlebih, atau yang tidak lengkap.

Pelanggaran yang Terdeteksi

Pada pengujian di Jawa Tengah, ETLE Drone berhasil mendeteksi berbagai pelanggaran, terutama terkait penggunaan helm, keberadaan penumpang berlebih, dan ketidakpatuhan terhadap penggunaan sabuk pengaman.