Dampak Kontroversial Pembuangan Air Limbah Nuklir Fukushima Terhadap Kematian Ribuan Ikan di Pantai Hokkaido

BREAKINGON.COM – Kematian ribuan ton di Hokkaido, Jepang utara, telah memicu kekhawatiran luas.

Pada hari Rabu (13/12/2023), Pejabat Badan Perikanan Jepang, Mori Ken, membantah bahwa kejadian tersebut terkait dengan pembuangan air limbah nuklir dari PLTN Fukushima.

Namun, kontroversi terus berkembang karena kaitan antara pembuangan air limbah radioaktif dan dampaknya terhadap ekosistem perairan.

Kematian Ribuan

Ribuan ton sarden dan kembung ditemukan mati terdampar di sepanjang 1,5 kilometer di sekitar pelabuhan perikanan Toi di Hakodate selatan, Pulau Hokkaido. Perkiraan awal mencatat sekitar 1.000 ton terdampar pada tanggal 7 Desember, dengan potensi peningkatan jumlah.

Mori Ken membantah bahwa air limbah nuklir menjadi kematian . Dia menegaskan bahwa kadar tritium di perairan lepas Fukushima berada di bawah tingkat yang berbahaya. Menurutnya, spekulasi tanpa verifikasi dapat menciptakan kekhawatiran yang tidak perlu.

Baca juga :   SD Yuwati Bhakti Jadi Sorotan Guru Intimidasi Leon Usai Dibully hingga Patah Tulang

Pembuangan Air Limbah Nuklir Fukushima

Langkah Jepang untuk membuang air limbah radioaktif dari PLTN Fukushima menuai protes dari China, , dan Kepulauan Solomon. Pemerintah China merespon dengan melarang impor makanan laut dari Jepang, menciptakan ketegangan di antara kedua negara.