Bahasa Indonesia Ditetapkan sebagai Bahasa Resmi UNESCO: Langkah Menuju Pemersatu Bangsa di Dunia

BREAKINGON-Pada tanggal 20 November 2023, Paris menjadi saksi penting dalam sejarah kebanggaan bagi . Dalam Konferensi Umum ke-42 UNESCO, resmi diakui sebagai resmi atau official language, mengukuhkan posisinya di panggung internasional.

Dalam sebuah keputusan yang disepakati secara konsensus, UNESCO mengadopsi Resolusi 42 C/28, menetapkan sebagai resmi ke-10 dalam Konferensi Umum UNESCO. Keputusan ini menjadi tonggak sejarah, memberikan pengakuan akan peran dalam mempersatukan bangsa-bangsa di dunia.

Menurut Mohamad Oemar, Duta Besar RI untuk Perancis, Bahasa bukan hanya sekadar alat komunikasi, melainkan kekuatan penyatu bangsa sejak masa pra-kemerdekaan. Hal ini terwujud dalam momen penting Sumpah Pemuda pada tahun 1928.

Baca juga :   Apa Itu Body Checking? Memahami Langkah Keamanan Sebelum Ujian CPNS

Dengan lebih dari 275 juta penutur, Bahasa Indonesia telah melanglang dunia. Kehadirannya tidak hanya terasa di tanah air, melainkan juga di 52 negara yang telah mengintegrasikan kurikulum Bahasa Indonesia. Saat ini, terdapat setidaknya 150.000 penutur asing yang mempelajari dan menggunakan Bahasa Indonesia.