6 Bahan Ampuh Basmi Lumut Dinding Teras Rumah

BREAKINGON.COM – Dinding teras rumah yang lembap dan teduh seringkali menjadi tempat ideal bagi pertumbuhan lumut. Meskipun lumut tidak merusak bahan bangunan, namun keberadaannya dapat memberikan tampilan yang tidak menyenangkan dan bahkan menyebabkan perubahan permanen pada dinding.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa metode sederhana yang dapat Kamu coba.

1. Air Garam

Air garam merupakan salah satu solusi alami untuk menghilangkan lumut. Campurkan 3 sendok makan garam ke dalam 2 liter air mendidih. Siramkan campuran ini ke permukaan dinding yang berlumut, lalu sikatlah hingga bersih.

Meskipun metode ini memerlukan beberapa kali pengulangan, namun dapat menjadi alternatif yang efektif.

2. Pemutih Baju

Larutan pemutih baju efektif dalam membunuh dan menghentikan pertumbuhan lumut. Campurkan 1 bagian pemutih baju dengan 4 bagian air bersih, lalu siramkan pada area yang berlumut. Sikatlah permukaan tersebut sampai lumut rontok dan terkelupas. Pastikan untuk membilasnya hingga bersih.

Baca juga :   Eksplorasi 6 Manfaat Daun Pisang, Tak Hanya Sekedar Pembungkus Makanan Tradisional

3. Putih

putih juga merupakan pilihan yang efektif untuk membersihkan lumut. Siramkan cuka putih pada bagian yang terkena lumut, sikat, dan bilas dengan air bersih. Penting untuk benar-benar membilas sisa cuka agar tidak merusak permukaan dinding.

4.

dengan bau yang kuat ternyata dapat menjadi bahan ampuh untuk menghilangkan lumut pada dinding. Tumbuk hingga halus, taburkan secara merata ke permukaan yang berlumut, dan diamkan selama satu jam. Lumut akan terangkat akibat reaksi kimia. Setelah itu, bilas dan gosok dengan untuk hasil optimal.

5. Air Kapur

Gunakan kapur khusus yang biasa dijual di toko bangunan. Kamu campurkan kapur yang ditumbuk dengan air, lalu siramkan pada dinding yang ditumbuhi lumut. Biarkan semalaman dan pada keesokan harinya, sikatlah hingga bersih. Bilas sampai tidak ada lumut yang tersisa.

Baca juga :   Waspada Dehidrasi, Ini Pencegahan dan Pengobatannya

6. Cuci Piring

cuci piring bukan hanya untuk mencuci noda pada piring, tetapi juga efektif untuk menghilangkan lumut. Gosokkan pada permukaan dinding yang berlumut, lalu bilas sambil terus menggosok hingga semua lumut rontok.