14 Bahan Makanan ini Terbukti Efektif Meningkatkan Daya Ingat, Otak Sehat dan Tajam

BREAKINGON.COM – Otak, sebagai pusat pengendalian seluruh organ tubuh, memainkan peran penting dalam menjaga dan fungsi tubuh kita. Selain berperan dalam meningkatkan daya ingat, otak juga bertanggung jawab untuk mengatur berbagai fungsi vital, seperti detak , pelepasan hormon, dan pengaturan tekanan darah.

Dalam upaya menjaga otak, pilihan makanan yang tepat dapat memainkan peran kunci. Artikel ini akan membahas 14 bahan makanan yang efektif dalam meningkatkan daya ingat.

1. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin K, folat, vitamin C, dan vitamin E. Kandungan tersebut membantu mencegah pembekuan darah di otak, meningkatkan fungsi kognitif, dan melindungi sistem kekebalan tubuh.

2. Susu dan Yogurt

Makanan yang mengandung susu, seperti yogurt, memiliki kandungan vitamin B dan protein yang tinggi. Vitamin B dan protein membantu pertumbuhan jaringan otak dan neurotransmitter. Konsumsi rutin dapat meningkatkan daya ingat.

Baca juga :   Saat Perut Kosong, 5 Makanan ini jadi Pilihan Tepat untuk Dikonsumsi

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung energi dari karbohidrat kompleks dan protein, serta serat, , dan vitamin. Kacang pinto dan kacang merah khususnya mengandung asam lemak omega-3 lebih banyak. Kacang tanah dan selai kacang kaya vitamin E dan antioksidan, membantu sel saraf dan otak menggunakan glukosa sebagai energi.

4. Coklat

Dark chocolate, dengan kandungan antioksidan dan flavonoid, ternyata dapat meningkatkan frekuensi gamma dalam otak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dark chocolate dengan setidaknya 70% kandungan kakao dapat meningkatkan daya ingat dan bertahan selama dua jam setelah dikonsumsi.

5. Telur

Telur memiliki kandungan vitamin B6, B12, folat, dan kolin. Kolin, yang dapat ditemukan dalam kuning telur, berkontribusi pada daya ingat dan mental. Vitamin B dalam telur juga membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah, yang terkait dengan risiko stroke dan gangguan kognitif.

6. Gandum Murni

Gandum murni mengandung serat yang membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Kandungan vitamin B dalam gandum murni juga mendukung sistem saraf. Berbagai pilihan makanan seperti beras cokelat, roti gandum utuh, dan sereal dapat menjadi sumber gandum murni.

Baca juga :   Sejarah Awal Penyebaran Kucing ke Seluruh Dunia : Dari Near East hingga Eksistensi Global

7. Sayuran

Sayuran hijau seperti bayam, kaya akan antioksidan dan asam folat, yang dapat meningkatkan daya ingat. Vitamin C dan antosianin dalam sayuran berwarna juga melindungi sistem ingatan dan meningkatkan aliran darah ke otak.

8. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin K sebagai antioksidan dan anti-inflamasi, melindungi otak dari kerusakan. Zat besi dalam brokoli mendukung pembentukan sel darah merah dan aliran darah ke otak.

9.

, sebagai sumber vitamin C, melindungi otak dari gejala penurunan fungsi mental. Antioksidan dalam vitamin C mencegah kerusakan sel otak akibat radikal bebas.

10. Daging Sapi

Daging sapi yang rendah lemak mengandung esensial seperti zat besi dan seng. Zat besi penting untuk produksi neurotransmitter, sementara seng membantu menjaga sel otak.

Baca juga :   Para Babu Harus Tau! Manfaat Grooming Kucing Bisa Menyehatkan Hewan Peliharaan Kamu

11. Teh dan Kopi

Kafein dalam teh dan kopi dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan otak. Kandungan kafein dan antioksidan memberikan dampak positif bagi otak, meningkatkan neurotransmitter dan melawan rasa kantuk.

12. Ikan Berlemak

Ikan sarden mengandung asam lemak omega-3, yang mendukung pembangunan sel otak dan saraf. Asam lemak ini juga melambatkan penurunan mental terkait usia dan mencegah penyakit seperti Alzheimer.

13. Biji Labu dan Biji Bunga Matahari

Ternyata biji labu mengandung antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dan otak dari kerusakan radikal bebas, selain itu juga mengandung seng yang berperan penting sinyal syaraf.